Sunday, April 12, 2009

Monopoli kesehatan



Sungguh ironis, kesehatan zaman sekarang mahal sekali.
Minggu 12-04-2009 w nonton acara reality disebuah stasiun televisi swasta yang berjudul "Duit Kaget". W merasa sedih bercampur kesel. Kesel banget cuy.
Kenapa? Pasangan suami istri yang hidup pas-pasan harus rela kehilangan bayi yang dilahirkan lewat rahimnya dikarenakan masalah biaya. Bayi tersebut bukan meninggal, melainkan ditahan oleh pihak rumah sakit. Kronologinya, ibu si bayi ini akan melahirkan lalu dia pergi ke sebuah puskesmas, tetapi oleh pihak puskesmas tisak dapat membantu dikarenakan air ketuban si ibu ini akan pecah yang akan berakibat fatal untuk sang bayi dan karena keterbatasan peralatan yang tidak memadai di puskesmas maka si ibu ini dirujuk untuk mendatangi ke rumah sakit besar yang peralatannya memadai.

Singkat cerita, sampailah si ibu ini dirumah sakit terkenal dan juga konon mencetak Profesor, doctor-doctor cerdas dan pintar yaitu RS. Cipto Mangunkusumo. Lalu ibu itu akhirnya dicesar, karena itu adalah jalan satu-satunya. Setelah selesai dicesar dan dirawat inap selama dua minggu lamanya, si ibu tersebut diperbolehkan untuk pulang oleh pihak rumah sakit. Akan tetapi bayi yang dilahirkan ibu tersebut ditahan karena harus melunasi biaya administrasi. U tau ga cuy berapa tuh biaya administrasinya......?????? Kurang-lebih Rp. 31.000.000,00 cuy.
Buset, duit tuh.....!!!!!

Bapaknya bingung, duit dari mana buat nebus tuh anaknya. Udah pengangguran ibunya juga ga kerja buat makan aja pas-pasan. Udah gitu neh kalau tuh bapaknya langsung bayar Rp. 31 juta kan ga mungkin, dia bisanya meng-angsur tiap bulannya dia berani Rp. 1 juta, tuh juga ditolong sama tetangga dan ketua RT nya, eh kaga boleh sama tuh sama rumah sakit. Lebih sakitnya lagi neh, ibunya kalau ketemu sama anaknya cuma 1 jam doank cuma buat kasih ASI. Akhirnya neh, pihak rumah sakit memperbolehkan mencicil perbulannya Rp. 50.000 doank. Tetapi, selama 50 tahun cuy.
Gila aja kan 50 tahun cuy, manknya die pikir cepet!!!! Kaga sekalian aja sampe 100 tahun......!!!


Ya w kaga abis pikir aja, biaya persalinan yang mencapai kurang-lebih Rp. 31 juta'an itu cuy. Ya w ga tau juga misalkan harus nebus obat yang mahal gitu. Tapi kan masa kaga ada keringanan dari rumah sakit sech.....!!! ya kan,,,,,,????

Woy para dokter seluruh Indonesia, dimana Hati dan Nurani u....????
buat Pemerintah. katanya kesehatan gratis, mana buktinya........???????????

Udah banyak rakyat kecil yang menderita, jangan cuma buat kepentingan partai sama pribadi u doank, nengok ke belakang jutaan rakyat miskin yang ngarepiin bukti bukan janji-janji omong kosong yang u keluariin saat kampanye.


W berharap, siapapun Presiden dan wakil presiden maupun yang duduk di kursi DPR dan MPR berikan bukti real atau fakta bukan cuma janji doank serta menjadikan bangsa Indonesia yang sehat, cerdas, berpendidikan dan maju untuk masa yang akan datang.

MERDEKA..............................

1 comment:

Virga said...

Weh..pemerhati masalah sosial juga lu,eh cangcilung taro shoutMix chat dong biar enak kasih comentnya..